RSS

Wanita..Oh..Wanita..

10 Jun

oleh Ahmad Hanif Al Farrasy pada 07 April 2011 jam 11:03
———————————————————————————————————————————————-
Ketika pertama kali Nabi Adam diciptakan, Ia duduk menyendiri di taman surga.. Hatinya sepi, kehidupannya terasa sunyi. Surga beserta isinya yang semestinya mampu membuat seorang hamba menjadi ceria setiap saat karena keindahan dan pesonanya ternyata tidak dapat menenangkan hati Nabi Adam as. Allah pun melihat kegundahan dalam hati Nabi Adam as. dan merasa perlu untuk menghiburnya. Akhirnya di suatu masa, Allah menciptakan Siti Hawa, Wanita pertama yang mendampingi Nabi Adam as. Yang kecantikannya melebihi keindahan surga yang dengannya Nabi Adam pun menjadi tentram, damai dan ceria.

Assalamu ‘alaykum wr.wb..

Akhwat Fillah, cuplikan kisah diatas hanyalah sebuah gambaran untuk menyegarkan kembali ingatan kita akan kodrat wanita. Wanita pada awalnya diciptakan untuk menjadi pendamping Nabi Adam di surga. Begitu berharganya wanita sehingga pesonanya mampu menandingi pesona surga. Nabi Adam yang pertamakali diciptakan oleh Allah, ternyata tidak dapat merasakan kebahagiaan seutuhnya meskipun tinggal didalam surga yang isi dan keindahannya begitu Megah. Hanya ketika Siti Hawa telah diciptakan, barulah Adam as bisa merasakan kebahagiaan yang utuh..

Akhwat Fillah, sebenarnya ada banyak kisah yang digambarkan oleh Al-Qur’an untuk menggambarkan begitu berharganya sosok wanita. Kisah-kisah bidadari penghuni surga sering kita temui dalam ayat-ayat suci Al-Qur’an. Mereka (baca:bidadari) senantiasa digambarkan sebagai sosok wanita yang pesonanya begitu indah yang seolah-olah hampir disetiap ayat yang membahas tentang surga, tidak lengkap rasanya jika tidak disertakan juga para penghuninya (baca:bidadari). Sebagai contoh salah satu surah dalam Al-Qur’an yang menggambarkan bidadari adalah pelengkap surga yang jika tanpanya maka surga akan terasa kurang sesuatu yaitu, surah Ar-Rahman ayat 46 sampai 56 (silahkan buka tafsir Qur’an Surah Ar-Rahman). Didalam surah tersebut (mulai ayat 46 sampai dengan 55), digambarkan tentang surga beserta isinya yang terdiri dari pohon-pohon dan buah-buahan serta mata air yang mengalir, yang buah-buahan tersebut ada bertelakan permadani dari sutera dan ada pula yang dapat dipetik dari dekat. Sedangkan pada ayat 56, Allah khusus membahas penghuni surga yaitu bidadari yang sopan menundukkan pandangannya dan tidak pernah disentuh oleh manusia dan tidak pula oleh jin. Seolah-olah ayat ini adalah pelengkap dari ayat-ayat sebelumnya yang menjelaskan tentang isi surga yang begitu indah namun tidak begitu sempurna tanpa kehadiran sosok bidadari.

Akhwat Fillah, sekali lagi ini hanyalah sebagian kecil dari ayat-ayat Al-Qur’an yang menggambarkan begitu berharganya sosok wanita. Bahkan begitu berharganya seorang wanita sampai-sampai Allah menggunakan kata wanita sebagai salah satu nama surah-Nya(baca: Surah An-Nisa). Yang menjadi pertanyaan kemudian adalah, sadarkah Saudari-saudariku akan betapa berharganya diri kalian? Faktanya kemudian adalah begitu banyaknya saudari-saudari kita yang tidak menyadari akan hal ini. Mereka berlomba-lomba memamerkan kecantikan mereka, keindahan tubuh mereka hanya untuk mendapatkan sanjungan dan pujian dari kaum lelaki yang sebenarnya pujian atau sanjungan tersebut tidak lebih dari pelecehan terhadap diri mereka dan merupakan tanda bahwa begitu murahnya pesona mereka untuk diperlihatkan dan kemudian di nikmati oleh yang bukan hak(muhrim mereka).

Akhwat Fillah, kalian adalah ciptaan Allah yang paling sempurna, yang kesempurnaannya mampu menghapus kegelisahan dan kegundahan kaum Adam, yang kesempurnaannya selalu digambarkan dalam setiap ayat tentang surga. Akankah kesempurnaan itu engkau jaga agar tetap berharga? ataukah engkau biarkan termakan rayuan zaman dan menjadi korban perancang busana yang semakin mengikis pesona Ilahiah- mu?

Makassar, 4 April 2011

Ahmad Hanif Al-Farrasy

 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: